Judul Penelitian Skripsi Berdasarkan Hobi


DAFTAR JUDUL PENELITIAN SKRIPSI
BERDASARKAN HOBI

Selamat datang lagi agan-agan sekalian. Pada kesempatan kali ini, ane mau curhat tentang postingan ane di salah satu grup Fb yang ane ikutin. Postingan tersebut terkait dengan booming-nya masalah Judul Skripsi buat persiapan tugas akhir kuliah Metodologi Penelitian. Gini nih postingan ane. :D

“Dibuka konsultasi dan jual beli judul skripsi untuk Pendidikan IPA Biologi”

Waktu nulis postingan itu, ane ketawa-ketiwi sendirian aja. Lucu aja, emang bener ada tah yang nyampe segitu cerdasnya nyampe-nyampe judul skripsi aja dijual? Ane belum nemu aja kali ye. Hal yang melatarbelakangi ane ng-post semacam itu gara-gara ane sering baca status temen-temen yang pada ngeluh kalo mereka gak nemu judul skripsi yang cocok buat mereka. Ane Cuma bengong aja mikirinnya. Apa sebab mereka sulit mendapatkannya. Ane mengira, ini orang belum pada baca buku Metodologi Penelitian yang udah dibeli. Atau, kalo gak mungkin mereka pada belum kenal internet kali ye? Ini sih Cuma perasaan ane aja, tapi ane ngomong kayak gini cukup memiliki alasan kuat kok.

Terkait postingan itu, ane sih santai-santai aja. Kalau emang bener ada yang mau manfaatin tawaran di postingan tersebut, udah ane jamin anak itu pemales deh. Laah?? Mana ada di dunia ini anak yang masih normal rela ngeluarin uang hanya untuk sebuah judul? Apa ide di kepala mereka emang benar-benar udah kering dengan ide-ide segar ? Kalo emang kering, itu karena memang pada belum baca dan menulis kali.

Postingan tersebut sebenernya cuma pemikiran ane secara sekilas aja. Atau emang ane bener-bener lihai memanfaatkan kesempatan dan peluang yak? Akibatnya setiap peluang yang bisa diuangkan, bakal ane libas? :D Ane pertegas dalam hati ane sendiri gan, selama hidup ane, ane belum pernah ada niatan memanfaatkan temen-temen ane sedemikian jahatnya. Kalaupun selama ini ane terkenal seneng ngbisnisin tugas-tugas kuliah, saat ini udah ane stop. Ane udah cukupkan mendapatkan ilmunya. Ane cuma pengen belajar memanfaatkan sebuah peluang aja. Bisnis itu juga hanya pada keahlian-keahlian tertentu yang emang dirasa mendesak. Lagian pola bisnis ane dari semester satu sampai semester lima kemaren, udah ane program sedemikian rupa gan. Sampai di penghujung semester enem ini, ane mendapat kesimpulan besar bahwa kemauan keras dan kelihaian menerka sebuah peluang akan memberikan sejumlah rizqi yang tak ternilai harganya, ilmu.

Kemampuan bisnis ane dari semester satu sampai semester lima terakumulasi dalam diri ane sekarang ini. Bukan bisnisnya, tapi ilmu dan kesimpulan besarnya. Bentuk akumulasi itu sudah ane sematkan di dalam Judul skripsi yang bakal ane garap gan, yang menjadi puncak dari bisnis dan hobi ane selama ini. Kalo ane suka bisnis makalah dan laporan, ngdesain, percetakan buku, video editing, photographer, dll. Akumulasi kemampuan ane itu bisa ane maksimalin dalam pengembangan yang bakal jadi bidang garapan ane.

Ane bersyukur gan, gara-gara postingan itu ane bisa nulis sepanjang ini dan memunculkan sebuah ide, bagaimana kalo ane ngeluarin semua unek-enek yang pernah nempel di kepala tentang judul skripsi yang sesuai dengan hobi ane.

Sebenernya, judul skripsi gak bisa dijadikan sebagai pijakan awal ketika hendak mencari tema penelitian. Ya iyalah, secara judul skripsi sebenernya cuma sebagai bentuk gambaran sekilas aja dari permasalahan yang hendak diteliti. Kalau bermula dari judul, ane berani jamin deh, kalau mereka bakal kesulitan ngangkat isu permasalahan yang bakal dimunculkan ke permukaan. Bisa garing tuh penelitian atau kalo gak paling-paling mengada-ngada permasalahan yang akan diteliti.

Rata-rata mahasiswa yang mengada-ngada permasalahan penelitian, dilakukan demi mempertahankan judul skripsi yang mereka anggap keren dan sangat “urgen” dipertahankan di hadapan dosen. Hati-hati gan, bukan urgen diteliti loh tapi urgen dipertahankan karena judul skripsinya keren abis. :D

Pada dasarnya, penelitian adalah sebuah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban suatu permasalahan. Kalo penelitian pengembangan (R&D) adalah suatu kegiatan ilmiah yang memanfaatkan teori-teori dan prinsip-prinsip dari hasil penelitian ntu untuk tujuan menghasilkan produk. Produk itu diharapkan bisa mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Dalam hal ini, ane ngambil tema penelitian dan pengembangan (R & D). Temanya sih tentang e-learning. Gini ni judulnya,

“Pengembangan Manajemen e-learning dengan desain partisipasi komunitas”

Penerapan e-learning dalam dunia pendidikan sebenernya udah lama booming gan, tapi baru-baru ini aja ane denger. Maklum gan, orang Indonesia kan rada garing kalo masalah inpo hot. :D

Sebelumnya, langkah yang ane tempuh untuk mendapatkan judul di atas terbilang cukup panjang gan, gara-gara ane selalu galau nentuin pilihan yang sesuai dengan hobi dan obsesi ane. Hobi ane itu kalo gak otak-atik komputer ya otak-atik mesin motor, cukup menyimpang dari kuliah yang ane ambil. Tapi no problem, orang kreatip selalu punya jalan buat nyambung-nyambungin sesuatu yang sulit nyambung.

Berpijak dari hobi ane di bidang TIK tersebut, di tahun 2012 ane mulai kepikiran buat ngeblog. Buat latian nulis apa aja, yang penting nulis. Sampai pada akhirnya ane bener-bener kranjingan tuh buat ngeblog. Ditambah ane pernah kepikiran buat jualan blog. Konsepnya, blog itu ane anggap sebagai LKS (Lembar Kerja Siswa). Niatnya sih ane isi dengan konten mata pelajaran tertentu selengkap-lengkapnya. Dan nantinya ane jual ke sekolah-sekolah. Tapi sayang gan, dari literature yang ane baca, ane memprediksi bsinis tersebut gak bakalan berjalan.

Terus, di awal 2013 ane dapet mata kuliah Metodologi Penelitian. Pak Dosen udah ngasih ancang-ancang, kalo setiap mahasiswa di akhir kuliah ini harus sudah dapet tema dan judul penelitian skripsi. Omong punya omong, ane ngajuin beberapa judul tentang pengaruh ngeblog terhadap perkembangan belajar siswa, terus pengaruh e-book interaktif terhadap hasil belajar siswa, dll. Ane lupa. Rata-rata judul yang ane ajuin sih dapat diterima. Tapi setelah ane baca-baca lagi, kok judul itu gak asyik banget yak. Gak ada tantangannya sama sekali. Ane masih terus baca-baca nih. Terutama baca jurnal-jurnal ilmiah di bidang TIK. Sampai akhirnya ane nemu istilah Teknodik (teknologi pendidikan). Di hati ane Cuma menggumam, wuidih keren. Ane jadi termotivasi lagi buat banyak baca. Akhirnya, ane ngimpi bisa kuliah S2 di Jurusan Manajemen Teknologi Pendidikan. Mimpi itu bisa memotivasi ane untuk terus membaca.

Sampai suatu ketika, ane juga ngimpi buat Universitas Maya. Tak kasih nam UNIMBA (Universitas Maya Bani Ali). Makanya, ane liat-liat tuh silabus perkuliahan di Jurusan Teknodik, wuidiih gaan mantap banar. Semua mata kuliahnya sesuai dengan hobi ane. Ane jadi mikir, ane kudu kuliah lagi biar bisa mengekspresikan semua hobi ane dengan jalan yang benar dan terarah ? Lah??? Ya iya gan, secara. Hobi ane ane selama ini kan cuma bisa ngobrak-ngabrik komputer ama software tanpa adanya bimbingan dari siapa pun, akibatnya ya itu udah 2 komputer jadi korban tapi gak ada hasil yang pantas.

Suatu ketika, ane ngajuin judul lagi dengan tema bahan ajar berbasis web. Lagi-lagi diterima. Tapi ane mikir lagi, kok masih kurang menantang yak. Terus baca-baca lagi dan nemuin istilah pengembangan e-learning. Wuidiih kereeen. Ane kejer tuh pemahaman dasar tentang e-learning. Terus ane ajuin lagi. Lagi-lagi diterima. Ane baca-baca lagi nih ye. Ternyata gan, ane harus kecewa, penerapan e-learning di lingkungan ane kok rasa-rasanya bakal gagal. Berarti pengembangan yang bakal ane laksanakan mubadzir dong. Secara, di lingkungan ane kan masih banyak yang gaptek. :D

Ane baca-baca lagi tentang faktor-faktor kegagalan penerapan e-learning. Waah, pantes aja gagal, lah wong gak di manaje dengan baik. Rata-rata cuma ngedein gengsi aja, biar bisa dikatakan sebagai sekolah yang modern. Perlu ada strategi khusus buat nanganin kegagalan tersebut. Terus ane kepikiran, gimana kalo tema skripsi ane tentang pengembangan manajemennya aja. Berhubung di lingkungan ane kemampuan setiap sekolah baik dari segi infrastruktur TIK dan SDM nya masih kurang, gimana kalo pengembangannya di bidang manajemennya dengan desain khusu. Digarap rame-rame? Dan standar spesifikasi e-learning yang bakal ane kembangin juga pengennya mendukung banyak divais (komputer dan HP). Kayaknya menantang, ane kudu ngerahin semua pengetahuan ane tentang komputer dan software serta pengembangn bahan ajar elektronik buat konten e-learning yang akan dikembangkan. Ane bisa membantu siswa-siswi yang gak punya komputer dan membantu pihak sekolah buat ngembangin e-learning yang handal. Niatnya, hasil pengembangan itu bakal ane hibahin ke sekolah-sekolah yang jadi sasaran pengembangan ini. Satu amal dan satu hobi, ane cukup puas kalo bisa nglakuin itu semua gan. Ini sih baru rencana aja gan, kan semester VI aja belum selesai.

Dari cerita gajebo di atas, dapat dilihat secara keseluruhan gan kalo permasalahan yang ane angkat terbilang masih hangat. Lagian Kemendiknas kan udah nyanagin Rencana Strategis buat tahun 2010-2014 tentang pengembangan bahan ajar berbasis web. Bahan ajar berbasis web kan sebenernya konten dari e-learning. Selain itu, permasalahan itu juga berdasarkan hobi ane.

Strategi pengembangan tersebut sebenernya udah ane lakuin dalam skala kecil. Blog ini sebagai buktinya. Ya walaupun blognya masih acak adul, minimal ane sudah menerapkan sedikit strategi manajemen yang didesain dengan partisipasi komunitas. Walaupun bukan komunitas sih, Cuma digarap bareng oleh dua orang aja. :D

Capek yah baca curhatan ane ? Sabar gan, ini kan curhatan. Kalo sekali curhat, minimal ane harus nghabisin 2000 kata. :D

Jika kita berpijak segala sesuatunya dari hobi, dalam artian kita memang benar-benar suka. Maka yang timbul adalah kerelaan dan keikhlasan untuk melakukan suatu pekerjaan.
Nah, dari latar belakang yang panjang di atas, dalam postingan ini ane pengen numpahin semua ide-ide yang ada di kepala. Di bawah ini adalah Daftar Judul Penelitian Skripsi Berdasarkan Hobi dan masalah apa yang dapat dijadikan pijakan awalnya. :D

  1. “Pengembangan E-book berbasis Perangkat Mobile”, “Pengembangan E-book interaktif berbasis Perangkat Mobile” dan “Penggunaan E-book (interaktif) berbasis Perangkat Mobile untuk meningkatkan motivasi/frekuensi belajar siswa”. Kedua judul di atas berusaha mengangkat permasalahan umum. Kalo setiap siswa saat ini pada punya hape. Kita manfaatin aja hape mereka, biar pada belajar lewat hape. Caranya? Agan-agan bisa hubungin ane ato kalo gak Tanya aja ama Mbah Google. :D
  2. “Pengaruh Blogging terhadap peningkatan hasil belajar siswa”, “Pengaruh kontes menulis terhadap minat blogging siswa”, “Pengembangan blog berbasis perangkat mobile”.Agan-agan tau sendiri, kalo blogging itu bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir. Beda ama Fb’an. Lah, kan secara. Kalo pengen nulis yang berkualitas musti banyak-banyak baca. Iya gak? :D
  3. “Pengembangan teknik apersepsi”, “Pengembangan media apersepsi”, “Pengembangan video apersepsi” “Penggunaan media apersepsi unik untuk meningkatkan minat belajar siswa”, “Pengembangan media apersepsi pada bahan ajar berbasis web?” :D. Hahaha, ane Cuma lagi inget aja ama teguran salah seorang dosen ane. Hennntikan apersepsimu, itu gak nyambung ama pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hehehe, makanya gan kembangin tuh teknik ama media apersepsi biar gak salah lagi. Banyak baca dulu ya sebelum bertanya. :D
  4. “Pengembangan bahan ajar berbasis proyek”, “Pengembangan media pembelajaran berbasis proyek”, “Pengembangan pembelajaran berbasis proyek”, “Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa”. Lah gimana? Agan-agan kudu banyak baca dulu sebelum bertanya ke ane. Ini judul keluar begitu aja gara-gara ane inget ama salah satu tugas dosen ane tentang itu. Selain itu, dari segi perkuliahannya juga mengacu pada tugas tersebut. Mulai dari ngamatin bekicot selama 24 jam nonstop, terus disuruh juga gawe ranvcangan penelitian. Itu semua bisa dikategorikan sebagai proyek. Secara gan, kalo yang namanya mau garap proyek otomatis kudu banyak taunya. Iya gak ? :D
  5. “Pengembangan silabus berbasis web/ICT”, “Pengembangan RPP berbasis web/ICT”, “Penerapan silabus/RPP berbasis web/ICT untuk meningkatkan hasil belajar siswa”. Kan ada tuh, dalam pembelajaran jarak jauh. Dosen pake silabus yang isinya cuma link-link ke suatu website/blog. Link itu biasanya berisi sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran/perkuliahan. Itu yang ane sebut sebagai guru/dosen yang melek IT, secara gan. Guru/dosen tersebut kudu Googling dulu buat nemuin sumber belajar yang baik buat siswa/mahasiswanya. Otomatis, dia juga ikut andil dalam kegiatan pembelajaran siswa berbasis ICT. Yang pengembangan RPP berbasis web/ICT, silahkan hubungin ane gimana cara membuatnya. :D
  6. “Pengembangan bahan ajar berbasis manga”, “Pengembangan media pembelajaran berbasis manga”, “Penerapan media/bahan ajar berbasis manga untuk meningkatkan minat belajar siswa”. Ini khusus buat yang hobi baca manga. Temen-temen ane juga banyak yang keranjingan sampai-sampai gak masuk kuliah demi membaca manga Narto sampai selesai. Guru yang kreatip kudu bisa memberikan apa yang disukai siswanya. Iya gak ? :D
  7. “Pengembangan pembelajaran berbasis manajemen kooperasi”. Lah kalo ini adalah kolaborasi dengan pembelajaran berbasis proyek. Secara gan, kalo pembelajarannya berbasis proyek kan bisa menghasilkan produk. Produknya kan bisa dijual. Buat aja kooperasi yang menyediakan hasil kreasi siswa. Penelitian ini bakal menantang banget gan, secara kata “manajemen” kan merujuk pada kepemimpinan. Bagaimana guru tersebut bisa mengolah suatu kooperasi. Keren deh kalo bisa. :D
  8. “Penerapan jurnal belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa” Kalo yang ini punya temen ane, kemarin dia sempet diskusi bareng ane. Tak kasih ide baru tuh, kolaborasikan aja bareng kegiatan blogging. Biar lebih mudah dikontrol dari rumah. Secara, kalo jurnal yang dibuat setelah pembelajaran selesai beda ama jurnal yang dibuat setelah siswa berada di rumah. Ane gak berani deh otak-atik yang ini, kan bukan milik ane. :D
  9. “Penerapan portofolio untuk meningkatkan minat belajar siswa”. Kalo yang ini, ane gak paham. Ini judul punya temen ane juga. :D
  10. “Pengembangan bahan (media) ajar berbasis tokoh (Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar As-Shiddiq, Umar Bin Khottob, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thollib, Ir. Sukarno, Ki Hajar Dewantoro, dll)”. :D Khusus bagi orang yang suka ngdongeng. Intinya mah, di bahan ajar yang bakal dibuat isinya ada sejarah tokoh-tokoh yang jadi suri tauladan. Bagaimana pembelajaran yang mereka terapkan ketika mereka hidup. Itu berarti agan-agan kudu banyak baca sejarahnya. Applouses 11 tangan deh buat agan-agan yang mau ngembangin ini. Secara, selama ini ane miris benar. Ane belum nemuin guru Biologi yang secara eksplisit mengaitkan/ bercerita tentang sejarah di tengah-tengah proses pembelajaran. :D

Ane rasa segitu udah cukup buat ngasih stimulus buat agan-agan sekalian yang merasa otaknya lagi kering kerontang dengan ide. Judul-judul di atas Cuma ide-ide yang mengalir begitu aja di otak ane. Gak tau benar ato gak. Yang terpenting, agan-agan banyak-banyak baca aja deh. Sapa tau aja nemuin ide yang sesuai dengan hobi. Buat temen-temenku dimana pun kalian berada, selama ini ane udah ngrasa bener-bener membuka diri masalah diskusi. Kalo pun ane terkadang kayak gak minat, mungkin karena kalian sendiri belum banyak baca. Jadinya gak bisa ngasih stimulus yang menggigit ke ane. Ane Cuma puny aide, bukan pengetahuan. Ide, ide, ide, ide, ide yang muncul di kepala ane sangat tergantung dengan pengetahuan yang di ajak berdiskusi. Gak banyak baca, jangan berharap ide akan muncul di kepala. Banyak ide tapi gak ditulis, jangan berharap ide tersebut akan berkembang. Banyak ide yang berkembang tapi gak dilaksanakan, jangan harap akan menjadi suatu amal. Banyak amal yang dilakukan tapi gak ikhlas, jangan berharap lagi tentang suatu kebermanfaatan. Karena segala apapun di dunia ini, sangat bergantung pada niatan hati dan kerelaan hati melakukan suatu hal apa pun. Keep Blogging, Keep Writing, And Keep Sharing of Knowledge. Baraokallohu fil a’malukum. Sorry kalo bahasanya belepotan. :D

Leave a Reply

